Makalah Tauhid Dan Urgensinya Bagi Kehidupan Muslim - Always Share

Senin, 01 Mei 2017

Makalah Tauhid Dan Urgensinya Bagi Kehidupan Muslim


Daftar Isi

A. Pendahuluan
B. Pengertian Tauhid. 2
  1. Tauhid Rububiyah
  2. Tauhid Uluhiyah
  3. Makna Tauhid Asma wa Sifat

C. Makna Kalimat Laa Ilaaha IlIa-Allah (). 9
  1. Syarat-syarat Laa Ilaaha IlIa-Allah ()
  2. Konsekuensi laa ilaaha illa-Allah

D. Tauhid sebagai Landasan bagi Semua Aspek kehidupan. 14
E. Jaminan Allah Bagi Ahli Tauhid. 15
  1. Ahli Tauhid Mendapatkan Keamanan dan Petunjuk
  2. Ahli Tauhid Djamin Masuk Surga.
  3. Ahli Tauhid Diharamkan dari Neraka
  4. Ahli Tauhid Diampuni Dosa-dosanya.
  5. Jaminan Bagi Masyarakan yang Bertauhid

E. Penutup. 22



A. Pendahuluan
  Dalam bab ini akan dibahas mengenai Tauhid dan Urgensinya bagi Kehidupan Manusia. Dari pembahasan ini diharapkan memiliki pemahaman tentang hal-hal berikut:
1. Pengertian Tauhid,
2. Makna laa ilaaha illa-Allah dan konsekuensinya dalam kehidupan,
3. Tauhid sebagai landasan kehidupan,
4. Jaminan Allah bagi ahli Tauhid.

B. Pengertian Tauhid
  Secara bahasa, tauhid berasal dari kata dasar yang maknanya sesuatu itu satu (esa). Sedangkan secara syar’i tauhid bermakna mengesakan Allah dalam ibadah, bersamaan dengan keyakinan keesaanNya dalam dzat, sifat dan perbuatan-perbuatanNya.
Pembagian Tauhid
  Tauhid menurut ulama dibagi menjadi tiga yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah dan tauhid asma wa sifat¹.
1.Tauhid Rububiyah
   Artinya kita meyakini keesaan Allah dalam hal penciptaan, pemilik, pengatur, pemberi rizeki dan pemelihara alam semesta beserta isinya. Keyakinan seperti iini juga diyakini oleh kaum  musyrikin Makkah sebagai firman Allah:

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ
Artinya : “Katakanlah: siapa yang member rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan pengelihatan dan mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan ? Maka mereka (musyrikin Makkah) menjawab : “Allah”. Maka katakanlah (hai Muhammad) “mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya”. (QS. Yunus:31).
   Ayat diatas senada dengan ayat dalam surat Al-Mu’minun: 84-89, Az-Zumar:38,  Az-Zukhruf: 87 terkait orang-orang musyrik Makkah yang meyakini tauhid rububiyah, namun mereka tetap diklasifikasikan sebagai kaum musyrikin oleh Allah dan Rasul-Nya.
  Hal itu karena hati manusia telah difitrahkan untuk mengakui rububiyyah Allah SWT, sehingga orang yang meyakininya belum menjadi ahli tauhid sebelum dia beriman kepada tauhid yang kedua. Hal ini menegaskan bahwa seseorang tidak dikatakan beriman dengan hanya meyakini tauhid rububiyah.
2. Tauhid Uluhiyah
   Artinya kita meyakini bahwa Allah-lah satu-satunya Dzat yang berhak disembah (diibadahi). Ibadah di sini adalah istilah yang meliputi segala apa yang Allah cintai dan ridhai baik berupa ucapan serta amalan-amalan yang lahir maupun yang batin.
   Tauhid uluhiyyah merupakan implementasi dari kalimat tauhid “laa ilaaha illa-Allah”. Makna kalimat ini adalah tidak ada sesembahan yang hak untuk disembah melainkan Allah. Kalimat tauhid ini mengandung dua unsur yaitu unsur penolakan segala bentuk sesembahan selain Allah serta menetapkan segala bentuk ibadah ditunjukan hanya kepada Allah semata. Tauhid inilah yang merupakan inti dari pengutusan para rasul seperti yang termasuk dalam firman Allah:
Artinya : “Dan tidaklah kami mengutus seorang rasul pun sebelum kamu melainkan kami wahyukan kepadanya bahwasanya tidak ada sesembahan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah Aku olehmu sekalian”. (QS. Al-Anbiya’: 25).
  Dalam hal memahami makna “laa ilaaha illa-Allah” ada sebagian orang memaknainya dengan ( tidak ada hakim tertinggi melainkan Allah). Ini adalah makna yang sempit dan kurang tepat sebab dakwah Rasullullah ketika pertama kali diutus bukan masalah hakimiyah, namun masalah tauhid ibadah dan menjauhi kesyirikan sebagaimana firman Allah:
Artinya : “Sungguh kami telah mengutus seorang rasul pada setiap umat agar mereka (memerintahkan) umatnya menyembah Allah dan menjauhi Thaghut”². (QS. An-Nahl:36).
  Tauhid uluhiyyah adalah misi dakwah semua Rasul. Pengingkaran terhadap tauhid inilah yang menjerumuskan umat-umat terdahulu ke dalam jurang kehancuran. Tauhid ini adalah pembuka dan penutup agama. Ia adalah pembeda antara orang-orang mukmin dan orang-orang kafir, antara penduduk surga dan penghuni neraka.
   Tauhid rububiyyah termasuk konsekuensi dari tauhid uluhiyyah, karena orang-orang musyrik tidak menyembah tuhan yang satu. Akan tetapi, mereka menyembah bermacam-macam tuhan dengan anggapan bahwa tuhan-tuhan tersebut lebih mendekatkan mereka kepada Allah. Padahal mereka mengakui bahwa tuhan-tuhan itu tidak mendatangkan mudharat dan manfaat. Karena itu, Allah tidak menganggap mereka sebagai orang-orang mukmin, kendati mereka mengakui tauhid uluhiyyah. Mereka tetap kafir, sebab mereka masih menyekutukan Allah dan selain-Nya dalam beribadah.



3. Makna Tauhid Asma wa Sifat
   (meng-esakan Allah dalam hal nama-nama dan sifat-sifat-Nya) ialah meyakini secara mantab bahwa Allah menyandang seluruh sifat kesempurnaan dan suci dari segala sifat kekurangan, dan bahwa Dia berbeda dengan seluruh  makhluk-Nya.
   Caranya adalah dengan menetapkan (mengakui) nama-nama dan sifat-sifat Allah yang Dia sandangkan untuk Dirinya atau disandangkan oleh Rasulullah dengan tidak melakukan tahrif (pengubahan) lafazh atau maknanya, tidak ta’thil (pengabaian) yakni menyangkal seluruh atau sebagaian nama dari sifat itu, tidak takyif (pengadaptasian) dengan menentukan esensi dan kondisinya, dan tidak tasybih (penyerupaan) dengan sifat-sifat makhluk.
    Dari definisi diatas jelaslah bahwa tauhid asma wa sifat berdiri di atas tiga asas. Barang siapa menyimpang darinya, maka ia tidak termasuk orang yang meng-esakan Allah dalam hal nama sifat-Nya. Ketiga asas itu adalah:³
a.      meyakini bahwa Allah SWT maha suci dari kemiripan dengan makhluk dan           
      darisegala kekurangan.
b.     Mengimani seluruh nama dan sifat Allah SWT yang disebutkan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah tanpa mengurangi atau menambah-nambahi dan tanpa mengubah atau mengabaikannya.
c.      Menutup keinginan untuk mengetahui kaifiyyah (kondisi) sifat-sifat itu.
Adapun asas yang pertama, yakni meyakini bahwa Allah Maha Suci dari kemiripan dengan mahluk dalam sifat-sifat-Nya, ini didasarkan pada firman Allah SWT:
Artinya : “Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya”. (QS. Al-Ikhlash: 4)
     Al-Qurthubi, saat menafsirkan firman Allah, “Tidak ada yang sama dengan-Nya sesuatu apa pun,”mengatakan, “Yang harus diyakini dalam bab ini adalah bahwa Allah SWT, dalam hal keagungan, kebesaran, kekuasaan, dan keindahan nama serta ketinggian sifat-Nya, tidak satupun dari makhluk-Nya yang menyerupai-Nya dan tidak pula dapat diserupai dengan makhluk-Nya. Dan sifat yang oleh syariat disandangkan kepada Pencipta dengan kepada makhluk, pada hakikatnya esensinya berbeda meskipun lafazhnya sama. Sebab, sifat Allah Yang tidak Berpemulaan (qadim) pasti berbeda dengan sifat makhluk-Nya.
      Termasuk dalam asas pertama ini ialah menyucikan Allah SWT dari segala yang bertentangan dengan sifat yang disandangkan oleh Rasullulah Saw. Jadi mengesakan AllahcSWT dalam hal sifat-sifat-Nya menuntut seseorang Muslim untuk meyakini bahwa Allah SWT tidak mempunyai istri, teman, tandingan, pembantu, dan syafi’ (pemberi syafa’at), kecuali atas izin-Nya. Dan juga menuntut seorang Muslim untuk menyucikan Allah dari sifat tidur, lelah, lemah, mati, bodoh, zalim, lalai, lupa, kantuk, dan sifat-sifat kekurangan lainya.
       Sedangkan asas kedua, mewajibkan untuk membatasi diri pada nama-nama dan sifat-sifat yang telah ditetapkan dal al-Qur’an dan As-Sunnah. Nama-nama dan sifat-sifat itu harus ditetapkan berdasarkan wahyu, bukan logika. Jadi, tidak boleh menyandangkan sifat atau nama kepada Allah SWT kecuali sejauh ditetapkan oleh Rasulullah Saw. Sebab Allah SWT maha tau tentang Dirinya sifat-sifat-Nya, dan nama-nama-Nya. Ia berfirman :
Artinya : “Katakanlah, kalian yang lebih tahu atau Allah ?”. (QS. Al-Baqarah : 140)
       Nah, bila Allah SWT yang lebih mengetaahui tentang Dirinya dan para Rasul-Nya adalah orang-orang jujur dan selalu membenarkan segala informasi dari-Nya, pasti mereka tidak akan menyampaikan selain dari apa yang diwahyukan oleh-Nya kepada mereka. Karenanya, dalam urusan mengukuhkan atau menafikan nama-nama dan sifat-sifat Allah SWT wajib merujuk kepada informasi dari Allah dan Rasul-Nya.
       Sementara asas ketiga, menuntut manusia yang mukallaf untuk mengimani sifat-sifat dan nama-nama yang ditegaskan oleh al-Qur’an dan As-Sunnah tanpa bertanya tentang kaifiyyah (kondisi)-Nya, dan tidak pula tentang esensinya. Sebab, mengetahui kaifiyyah sifat hanya akan dicapai mankala mengetahui kaifiyyah Dzat. Padahal Dzat Allah SWT tidak berhak dipertanyakan esensi dan kaifiyyah-Nya.
        Karena itu, ketika para ulama salaf ditanya tentang kaifiyyah istiwa’ (cara Allah SWT bersemayam), mereka menjawab’ “Istiwa’ itu sudah dipahami, sedang cara-caranya tidak diketahui; mengimani istiwa’ adalah wajib dan bertanya tentangnya adalah bid’ah.”
         Jika ada seseorang bertanya kepada kita, ”Bagaimana cara Allah SWT turun ke langit dunia ?” Maka kita tanyakan kepadanya,”Bagaimana dia ?” jika ia mengatakan, “Saya tidak tau kaifiyyah Dia”. Maka kita jawab  “ Makanya kita tidak tau kaifiyyah turunya Allah. Sebab untuk mengetahui kaifiyyah sifat harus mengetahui terlebih dahulu kaifiyyah dzat yang disifsti itu. Karena, sifat itu adalah cabang dan mengikuti yang disifati. Maka, bagaimana Anda menuntut istiwa’, padahal Anda tidak tahu bagaimana kaifiyyah Dzat-Nya. Jika Anda mengakui bahwa Allah SWT adalah wujud yang hakiki yang pasti memiliki segala sifat kesempurnaan dan tidak ada yang menandinginya, maka mendengar, melihat, berbicara dan turunya Allah tidak dapat digambarkan dan tidak bisa disamakan dengan mahluk-Nya.
Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa tauhid asmawa sifat ini dapat rusak dengan beberapa hal berikut :
1.      Tasybih, yakni menyerupakn sifat-sifat Allah dengan sifat-sifat makhluk. Seperti yang dilakukan orang-orang Nasrani yang menyerupakan Al-Masih bin Maryam dengan Allah SWT, orang Yahuda menyerupakan ‘Uzair dengan Allah, orang-orang musyrik menyerupakan patung-patung mereka dengan Allah, dan beberapa kelompok yang menyerupakan wajah Allah dengan wajah makhluk , tangan Allah dengan tangan makhluk, pendengaran Allah dengan pendengaran makhluk, dan lain sebagainya.
2.      Tahrif, yaitu mengubah atau mengganti. Artinya mengubah lafazh-lafazh nama Allah SWT dengan menambah atau mengurangi atau mengubah artinya, yang oleh para ahli bid’ah diklaim sebagai takwil, yaitu memahami satu lafazh dengan makna yang rusak dan tidak sejalan dengan makna yang digunakan dalam bahasa Arab. Seperti pengubahan kata dalam firman Allah SWT “Wakallamallahu musa taklima” menjadi “Wakallamallaha”. Dengan demikian, mereka bermaksud menafikan sifat kalam (berbicara) dari Allah SWT.
3.      Ta’thil (pengabaian, membuat tidak berfungsi). Yakni menampik sifat Allah dan menyagkal keberadaannya pada Dzat Allah SWT, semisal menampik kesempurnaan-Nya dengan cara membantah nama-nama dan sifat-sifat-Nya; tidak melakukan ibadah kepada-Nya, atau menampik sesuatu sebagai ciptaan Allah SWT, seperti orang yang menyatakan bahwa makhluk-makhluk ini qadim (tidak berpermulaan dan menyangkal bahwa Allah telah menciptakan dan membuatnya).
4.      Takyif (menentukan kondisi dan menetapkan esensinya). Metode dalam memahami nama dan sifat Allah SWT yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah tanpa melakukan tasybih, tahrif, ta’thil dan takyif ini merupakan mazhab salaf. Asy-Syaikani mengatakan,  “Sesungguhnya, mazhab salaf, yakni kalangan sahabat, tabi’in, dan tabi’ut-tabi’in, adalah memberlakukan dalil-dalil tentang sifat-sifat Allah SWT sesuai dengan zhahirnya tanpa melakukan tahrif, ta’wil yang dipaksakan, dan tidak pula ta’thil yang mengakibatkan terjadinya banyak ta’wil. Dan jika mereka ditanya tentang sifat-sifat Allah SWT, mereka membacakan dalil lalu menahan diri dari mengatakan pendapat itu dan ini seraya mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui lebih dari itu.
Ulama salaf tidak akan memaksakan diri untuk berbicara apa yang tidak mereka ketahui dan apa yang tidak yang tidak Allah SWT izinkan untuk meraka lampaui. Jika ada seorang penanya menginginkan penjelasan melebihi dari zahir, maka mereka segera mencegahnya dari apa yang tidak mungkin merfeka capai selain terjerumus dalam bid’ah dan melarangnya dari hal yang tidak tidak diajarkan Rasulullah SAW, tidak pula oleh sahabat dan tabi’in. 

C. Makna Kalimat Laa Ilaaha IlIa-Allah ()
Kalimat Laa Ilaaha IlIa-Allah mengandung dua makna, yaitu makna
penolakan segala bentuk sesembahan selain Allah SWT, dan makna
menetapkan bahwa satu-satunya sesembahan yang benar hanyalah Dia
semata. Berkaitan dengan kalimatini Allah SWT berfirman :
فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ
Artinya :"Maka ketahuilah (ilmuilah) bahwasannya tidak ada sesembahan yang benar selain Allah". (Qs. Muhammad : 19)
Berdasarkan ayat di atas, bahwa memahami makna syahadat adalah wajib hukumnya dan mesti didahulukan dari pada rukun-rukun Islam yang lain. Rasulullah SAW juga menegaskan :"Barang siapa yang mengucapkan laa ilaaha illa-Allah dengan ikhlas maka akan masuk ke datang surga."(HR. Ahmacl). Yang dimaksud dengan ikhlas di sini adalah memahami, mengamalkan dan mendakwahkan kalimat tersebut sebelum yang lainnya.
Rasulullah sendiri mengajak paman beliau Abu Thalib menjelang detik-detik kematiannya dengan ajakan :"Wahai pamanku, ucapkanlah laa ilaaha illa-Allah, sebuah kalimat yang aku akan jadikan ia sebagai nutfah di hadapan Allah". Akan tetapi, Abu Thalib enggan untuk  mengucapkan dan meninggal datam keadaan musyrik.
Selama 13 tahun di Makkah. Nabi Muhammad SAW mengaiak orang-orang dengan perkataan beliau :"Katakan laa ilaaha illa-Allah”.Kemudian orang-orang kafir menjawab :"Beribadah kepada sesembahan yang satu. Tidak pernah kami dengar dari orang tua kami". Orang Quraisy di zaman Rasulullah sangat paham makna kalimat tersebut, dan barang siapa yang mengucapkannya tidak akan menyeru/berdoa kepada selain Allah.
1. Syarat-syarat Laa Ilaaha IlIa-Allah ()
Bersaksi dengan laa ilaaha illa-Allah harus dengan tujuh syarat.Tanpa syarat-syarat itu kesaksian tersebut tidak akan bermanfaat bagi yang mengikrarkannya. Secara singkat tujuh syarat itu ialah :
  1. ‘ilmu (mengetahui), yang menafikan jahl (Kebodohan)
  2. Yaqin (yakin), yang menafikan syak (keraguan)
  3. Qabul (menerima), yang menafikan radd (penolakan)
  4. Inqiyad (patuh), yang menafikan tark (meninggalkan)
  5. Ikhlash, yang menafikan syirik
  6. Shidq (jujur), yang menafikan kidzb (dusta)
  7. Mahabbah (kecintaan), yang menafikan baghdha’ (kebencian).
Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :
Syarat pertama :'llmu (Mengetahui)
Artinya memahami makna dan maksudnya. Mengetahui apa yang ditiadakan dan apa yang ditetapkan serta menafikan ketidaktahuannya tentang hal tersebut.
وَلا يَمْلِكُ الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ الشَّفَاعَةَ إِلا مَنْ شَهِدَ بِالْحَقِّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ
Artinya :"Dan sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memberi syafaat ; akan tetapi (orang yang dapat nemberi syafaat ialah) orang yang mengakui yang hak (tauhid) dan mereka meyakini (nya)”. (QS. Az-Zukhruf : 86)
Maksudnya orang yang bersaksi dengan laa ilaaha illa Allah dan memahami dengan hatinya apa yang diikrarkan oleh lisannya seandainya ia mengucapkannya, tetapi tidak mengerti apa maknanya, maka persaksiaan itu tidak sah dan tidak berguna.
Syarat kedua: Yaqin (yakin)
Orang yang mengingkarkannya harus meyakini kandungan kalimat laa ilaaha illa-Allah itu. Manakala ia meragukannya maka sia-sia belaka persaksian itu. Allah SWT berfirman:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ
Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu", (Qs. Al-Hujurat : 15)
Kalau ia ragu maka ia menjadi munafik. Nabi Muhammad Saw besabda:”Siapa yang engkau temui di balik tembok (kebun) ini, yang menyaksikan bahwa tiada ilah selain Allah dengan hati yang menyakininya, maka berilah kabar gembira dengan (balasan) surga” (HR. Al-Bukhari). Maka siapa yang tidak meyakininya, ia tidak berhak masuk surga.
Syarat ketiga: Qabul (Menerima)
Menerima kandungan dan konsekuensi dari laa ilaaha illa-Allah, menyembah Allah semata dan meninggalkan ibadah kepada selain-Nya. Siapa yang mengucapkannya, tetapi tidak menerima dan mentaati, maka ia germasuk orang-orang yang difirmankan Allah:
إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ وَيَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُو آلِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَجْنُونٍ
Artinya : “Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka: “Laa ilaaha illa-Allah”(Tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah) mereka menyombongkan diri. Dan mereka berkata: “Apakah sesungguhnya kami harus meninggalkan sembah-sembahan kami karena seorang penyair gila?”.(QS. Ash-Shafat: 35-36)
Syarat keempat: Inqiyaad (Tunduk dan Patuh)
Allah SWT berfirman:
۞ وَمَنْ يُسْلِمْ وَجْهَهُ إِلَى اللَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ ۗ وَإِلَى اللَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ
Artinya : “Dan barang siapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh”.(QS. Luqman : 22)
Syarat kelima: Shidq (Jujur)
Yaitu mengucapakan kalimat laa ilaaha illa-Allah dan hatinya juga membenarkannya. Manakala lisannya mengucapkan, tetapi hatinya mendustakan, maka ia adalah munafik dan pendusta. Allah SWT berfirman:
وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ أٰمَنَّابِٱللهِ وَبِٱلْيَوْمِ ٱلأٰخِرِ وَمَاهُمْ بِمُؤْمِنِيْنَ ۝يُخٰدِعُوْنَ ٱللهَ وَٱلَّذِيْنَ أٰمَنُوْا وَمَايَخْدَعُوْنَ إِلآ أَنْفُسَهُمْ وَمَايَشْعُرُوْنَ ۝فِى قُڶُوبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ ٱڶڶهُ مَرَضًا ۖ وَڶَهُمْ عَذَابٌ أَڶِيْمٌ بِمَا كَنُوْ يَكْذِبُوْنَ
Artinya : “Di antara manusia ada yang mengatakan:”Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian”. Padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siska yang pedih, disebabkan mereka berdusta”.(QS. Al-Baqarah: 8-10)

Syarat keenam : Ikhlas
Yaitu membersihkan amal dari segala debu-debu syrik, dengan jalan tidak mengucapkannya karena mengingkari isi dunia, riya’ atau sum’ah. Dalam hadis Rasulullah dikatakan:”Sesungguhnya Allah mengharamkan atas neraka orang yang mengucapkan laa ilaaha illa-Allah karena mengiginkan ridha Allah”.(HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Syarat ketujuh : Mahabbah (Kecintaan)
Maksudnya mencintai kalimat laa ilaaha illa-Allah, juga mencintai orang-orang yang mengamalkan konsekuensinya. Allah SWT berfirman:
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَنْدَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ ۗ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُوا إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ
Artinya : “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tanding-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah”.(QS. Al-Baqarah: 165)
Maka ahli tauhid mencintai Allah dengan cinta yang tulus bersih sedangkan ahli syrik mencintai Allah dan mencintai yang lain. Hal ini sangat bertentangan dengan isi kandungan laa ilaaha illa-Allah.
2. Konsekuensi laa ilaaha illa-Allah
Yaitu meninggalkan ibadah kepada selain Allah dari segala macam yang dipertuhankan sebagai keharusan dari peniadaan laa ilaaha illa-Allah. Dan beribadah kepada Allah semata tanpa unsur kesyirikan sedikit pun, sebagai keharusan dari penetapan ilaa-Allah.
Banyak orang yang mengikrarkan tetapi melanggar konsekuensinya. Sehungga mereka menetapkan ketuhanan yang sudah dinafikan, baik berupa makhluk, kuburan, pepohonan, bebatuan serta para thaghut lainnya. Dengan kata lain, orang tersebut mengamalkan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

D. Tauhid sebagai Landasan bagi Semua Aspek kehidupan
            Tauhid dalam pandangan islam merupakan akar yang melandasi setiap aktivitas manusia. Kekokohan dan tegaknya tauhid mencerminkan luasnya pandangan, timbulnya semangat beramal dan lahirnya sikap optimistik. Sehingga tauhid dapat digambarkan sebagai sumber segala perbuatan (amal shalih) manusia.
            Sebetulnya formulasi tauhid terletak pada realitas sosial. Adapun bentuknya, tauhid menjadi titik sentral dalam melandasi dan mendasari aktivitas. Tauhid harus diterjemahkan ke dalam realitas historis-empiris. Tauhid harusnya dapat menjawab semua problematika kehidupan modernitas, dan merupakan senjata pamungkas yang mampu memberikan alternatif yang lebih anggun dan segar.
            Tujuan tauhid adalah memanusiakan manusia. Itu sebabnya, dehumanisasi merupakan tantangan tauhid yang harus dikembalikan kepada tujuan tauhid, yaitu memberikan perubahan terhadap masyarakat. Perubahan itu didasarkan pada cita-cita profetik yang diderivasikan dari misi historis sebagaimana tertera dalam firman Allah:
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
Artinya :“Engkau adalah umat terbaik yang diturunkan di tengah manusia untuk menegakkan kebaikan, mencegah kemungkaran dan beriman kepada Allah”.(QS. Ali’Imran: 110).
Kuntowijoyo memberikan tiga muatan dalam ayat di atas sebagai karakteristik ilmu sosial profetik, yakni kandungan nilai humanisasi, liberasi dan transendensi. Tujuannya supaya diarahkan untuk merekayasa masyarakat menuju cita-cita sosial-etiknya di masa depan. 

E. Jaminan Allah Bagi Ahli Tauhid
            Tidak diragukan lagi bawa tauhid memiliki kedudukan yang sangat agung dalam  Islam. Oleh karena itu, bagi siapa yang mampu  merealisasikan tauhid dengan benar akan mendapat beberapa keistimewaan. Bagi orang-orang yang termasuk ahli tauhid, Allah janjikan banyak sekali kebahagian,baik di dunia, lebih-lebih di akhirat. Itu semua hanya khusus diberikan bagi ahli tauhid.
1.      Ahli Tauhid Mendapatkan Keamanan dan Petunjuk
            Seorang yang bertauhid dengan benar akan mendapatkan rasa aman dan petunjuk. Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya :
الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الأمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ
            Artinya : “ Orang-orang yang beriman dan  tidak mencampuradukan  iman meraka dengan kezhaliman (syirik), mereka itulah yang mendapa keamanan dan  mereka itu adalah –orang-orang yang mendapatkan petunjuk’. (QS. Al-An’am: 82).
            Kezhaliman  meliputi tiga perkara, yaitu kezhaliman terhadap hak  Allah yaitu dengan berbuat syirik, kezhaliman seseorang terhadap dirinya sendiri yaitu dengan berbuat maksiat, dan kezhaliman seseorang terhadap orang lain yaitu dengan menganiaya orang lain.
            Kezhaliman adalah menempatkan  sesuatu  tidak  pada tempatnya. Kesyirikan disebut kezhaliman karna menunjukan ibadah  kepada yang  tidak berhak menerimanya. Ini merupakan kezhaliman yang paling zhalim. Hal ini karena pelaku syirik menunjukan ibadah kepada yang tidak berhak menerimanya, mereka menyamakan Al-Khaliq (Sang Pencipta) dengan makhluk, menyamakan yang lemah dengan  Maha Perkasa.
            Yang dimaksud  dengan kezhaliman dalam ayat di atas adalah syirik, sebagaimana dijelaskan oleh Rasulallah SAW ketika menafsirkan ayat ini. Ibnu Mas’ud radhiyallahu’anhu mengatakan, “ Ketika ayat ini turun,terasa beratlah di hati para sahabat, mereka mengatakan siapakah di antara kita yang tidak pernah menzhalimi dri sendiri (berbuat maksiat), maka rasulallah SAW bersabda : “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “ Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya , mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.(QS. Lukman : 13)”
            Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukan keimanan mereka dengan kezhaliman (kesyirikan). Mereka akan mendapatkan rasa aman di dunia dan di akhirat serta mendapatkan keamanan di dunia berupa ketenangan hati, dan keamanan di akhirat dari hal-hal yang ditakti yang akan terjadi di Hari Akhir. Petunjuk yang mereka dapatkan di dunia berupa ilmu yang bermanfaat dan amal shalih, sedangkan petunjuk diakhirat berupa petunjuk yang mereka dapatkan sesuai dengan kadar tauhidnya. Semakin sempurna Tauhid seseorang, semakin besar keamanan dan petunjuk yang akan diperoleh.
2.      Ahli Tauhid Djamin Masuk Surga.
Rasulullah SAW bersabda :
مَنْ شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا
إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنْ الْعَمَلِ
Artinya :” Barangsiapa yang bersyahadat (bersaksi) bahwa tidak ada ilah (sesembah) yang berhak disembah selain allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saksi bahwa Muhammad  adalah  hamba dan rosul-Nya, dan ‘Isa adalah  hamba dan rasul-Nya, dan kalimat yang disampaikan-Nya kepada Maryam  serta ruh dari-Nya dan bersaksi bawha surga dan neraka benar adanya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, sesuai amal yang telah dikerjakannya”.
            Ini merupakan janji dari Allah SAW untuk ahli Tauhid bawha mereka akan dimasukkan ke dalam surga. Ahli Tauhid adalah mereka yang bersyahadat (bersaksi) dengan persaksian  yang disebut dalam  hadis diatas. Maksud syahadat yang benar harus terkandung tiga hal, yaitu mengucapkannya dengan lisan, memahami maknanya, dan mengamalkan segala konsekuensinya. Tidak cukup hanya sekedar mengucapkan saja.
            Sesuai amal yang telah dikerjakannya ada dua tafsiran :
            Pertama, mereka akan masuk surga walaupun memiliki dosa-dosa selain syirik karena dosa-dosa selain syirik tersebut tidak menghalanginya untuk masuk ke dalam surga, baik masuk surga secara langsung maupun sempat diazab di neraka lalu akhirnya masuk surga. Ini merupakan keutamaan tauhid yang dapat menghapuskan dosa-dosa dengan izin Allah dang mnghalangi seseorang dengan amal shalihnya.
            Kedua, ,mereka akan masuk surga, namun kedudukan mereka dalam surga sesuai dengan amalan merka, karena kedudukan seseorang di surga bertingkat-tingkat sesuai amal shalihanya.
3. Ahli Tauhid Diharamkan dari Neraka
            Sungguh, neraka adalah seburuk-buruk tempat kembali. Betapa bahagianya seseorang yang tidak mnjadi penghuni neraka. Hal ini akan didapatkan oleh sesorang yang bertauhid dengan benar. Sabda Rasullalah SAW:
فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ يَبْتَغِيْ بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ.
            Artinya : “ Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka bagi orang yang menatakan La ilaaha illa-Allah, yang di ucapkan ikhlas mengharapkan wajah Allah. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
            Pengharaman dari neraka ada dua bentuk. Pertama, diharamkan masuk neraka secara mutlak dalam arti dia tidak akan pernah masuk neraka sama sekali. Boleh jadi dia mempunyai dosa, lalu Allah SWT mengampuninnya atau  dia termasuk golongan orang-orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab. Kedua, diharamkan kekal masuk neraka dalam arti dikeluarkan dari neraka setelah sempat dimasukkan ke dalamnya selama beberapa waktu.
4. Ahli Tauhid Diampuni Dosa-dosanya.
            Hidup kita tidak luput dari gelimbang dosa dan maksiat. Karena itu pengampunan dosa adaalah sesuatu yang sangat kita harapkan. Dengan melaksanakan tauhid swcara benar, menjadi sebab terbesar dapat menghapus dosa-dosa kita. Rasulallah SAW bersabda :
            Yang Artinya : “ Allah berfirman : ‘ Wahai anak adam, sesungguhnya sekiranya kamu kamu datang pada-Ku dengan kesalahan sepenuh bumi, keumdian kamu datang kepada-Ku tanpa menyrkutukan sesuatu pun dengan-Ku, maka aku akan mendtangimu dengan ampun sepenuh bumi pula”. (HR. Tirmidzi)
            Dalam hadist ini Rasulallah mengabarkan tentang luasnya keutamaan dan rahmat Allah. Allah akan menghapus dosa-dosa yang besar sekalipun selama itu bukan dosa syirik. Semakna dengan hadist ini seperti difirmankan Allah :

            إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
            Artinya :’ Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang lain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya, Barangsiapa siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”. (QS. An-Nisaa’:48)

5. Jaminan Bagi Masyarakan yang Bertauhid
            Kebaikan tauhid ternyata tidak hanya bermanfaat bagi individu. Jika sesuatu masyarakat benar-benar merealisasikan tauhid dalam kehidupan mereka, Allah SWT akan memberikan jaminan bagi mereka
            Sebagaimana friman-Nya Yang Artinya :
            “ Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan merka berkuasa di muka bumi, sebagaimanan Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah dirikhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar(keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka merka itulah orang-orang yang fasik”.(QS. An-Nur:55)
            Dalam ayat di atas Allah SWT memberikan bebrapa jaminan bagi sesuatu masyarakat yang mau mengimplementasikan nilai-nilai ketauhidan dalam kehidupan, yaitu mendapat kekuasaan di muka bumi, mendapat kemantapan dan keteguhan dalam beragama, serta mndapat keamanan dan dijauhkan rasa takut.
            Dalam ayat di atas Allah SWT memebrikan beberapa jaminan bagi suatu masyarakat yang mau mengimplementasikan nila-nilai ketauhidan dalam kehidupan, yaitu mendapat kekuasaan di muka bumi, mendapat kemantapan dan keteguhan dalam beragama, serta mndapat keamanan dan dijaukan dari rasa takut.
            Demikian sebagian di antara jaminan yang akan didapatkan oleh ahli tauhid. Mengutip Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’di, termasuk keutamaan Tauhid adalah :
            a. Dapat menghapus dosa-dosa.
            b. Merupakan faktor terbesar dalam melapangkan berbagai kesusuhan serta bisa menjadi penangkal dari berbagai akibat buruk dalam kehidupan dunia dan akhirat.
            c. Mencegah kekekalan dalam api neraka meskipun dalam hati hanya tertanam keimanan sebesar biji sawi. Juga mencegah masuk neraka secara mutlak bila dia menyempurnakan dalam hati. Ini termasuk keutamaan tauhid yang paling mulia.
            d. Merupakan sebab satu-satunya untuk menggapai ridha Allah SWT dan pahala-Nya. Orang yang paling bahagia dalam memperoleh syafaat Rasulallah adalah mengucapkan laa ilaaha illa-Allah dengan ikhlas dari hatinya.
            e. Penerimaan seluruh amalan dan ucapan baik yang tampak dan yang tersembunyi           tergantung kepada tauhid seseorang. Demikian pula penyempurnaan dan pemberian ganjarannya. Perkara-perkara ini menjadi sempurna dan lengkap tatkala tauhid dan keikhlasan kepada Allah SWT menguat. Ini termasuk keutamaan tauhid yang paling besar.
            f. Memudahkan seorang hamba untuk melakukan kebaikan-kebaikan dan meninggalkan kemungkaran-kemungkaran serta menghibur tatkala menghadapi berbagai musibah. Sesorang yang ikhlas kepada Allah SWT dalam beriman dan bertauhid akan merasa ringan untuk melakukan ketaatan-ketaatan karena dia menghadapkan pahala dan keridhaan Rabb-Nya.
            g. Bila tauhid sempurna dalam hati seseorang, Allah menjadikannya mencintai keimanan. Kemudian Allah menjadikan orang tersebut membenci kekafiran,   kefasikan, dan kemaksiatan. Juga Allah akan menggolongkan ke dalam orang-orang yang terbimbing.
            h. Meringankan segala kesulitan dan rasa sakit. Semua itu sesuai dengan menyempurnakan tauhid dan iman yang dilakukan oleh seorang hamba. Sesuai pula dengan sikap seseorang hamba saat menerima segala kesulitan dan rasa sakit dengan hati yang lapang, jiwa yang tenang, dan ridha terhadap ketentuan-ketentuan-Nya.
            i. Melepaskan seorang hamba dari ketergantungan dan pengharapan kepada makhluk. Inilah keagungan dan kemuliaan yang hakiki. Bersamaan dengan itu dia hanya beribadah dan menghambakan diri kepada Allah, dengan mengharap hanya kepada  Allah.
            j. Bila tauhid sempurna dalam hati seseorang dan terealisasi lengkap dengan  keikhlasan, amal yang sedikit akan berubah menjadi banyak. Segenap amal dan ucapan berlipat ganda tanpa batas dan hitungan. Kalimat ikhlas menjadi berat dalam timbangan amal sehingga tidak terimbangi oleh langit dan bumi beserta seluruh   penghuninya.
            k. Allah SWT menjamin kemenangan, pertolonga, kemuliaan, kemudahan danpetunjuk d dunia bagi pemilik tauhid, Cukup banyak dalil yang menguatkan keterangan ini baik dari Al- Qur’an maupun As-Sunnah.
                        Dengan demikian cukup besar dan banyak keutamaan yang Allah limpahkan  bagi para hamba-Nya yang bertauhid, Sangat beruntung orang yang bisa menggapai seluruh keutamaannya. Namun keberhasilan total hanya milik orang-orang yang mampu menyempurnakan tauhid sepenuhnya. Tentu manusia bertingkat-tingkat dalam wujud tauhid kepada Allah SWT. Mereka tidak berada pada satu tingkatan. Masing-masing menggapai keutamaan tauhid sesuai dengan prestasi dalam menerapkan tauhid.
E. Penutup
            Setiap muslim hendak meyakini bahwa tauhid adalah dasart Islam yang paling agung dan istimewa. Jika tauhid yang murni terealisasikan dalam hidup seseorang, baik pribadi maupun jama’ah, akan memetik buah yang amat manis. Di antara buah yang didapat adalah memerdekakan manusia dari perbudakan serta tunduk kepada selain Allah, baik benda-benda atau makhluk lainnya, juka akan memebentuk keperibadian yang kokoh.
            Karena itu, siapa pun yang mampu mengamalkan nilai-nilai ketauhidan dengan benar dalam segala aktivitasnya, niscaya mendapat ketauhidan dengan benar dalam segala aktivitasnya, niscaya mendapat banyak keistimewaan. Allah SWT menjanjikan bagi para ahli Tauhid aneka kebahagiaan, baik di dunia, lebih-lebih di akhirat kelak.

           





DAFTAR PUSTAKA
Aziz.Abdul,Pelajaran Tauhid Untuk Pemula, Terj. Ainul Haris Umar Arifin Thayib, Jakarta: Yayasan Al-sofwa, 2000


1 komentar: